Selasa, 25 Januari 2011

TUGAS 2

MENGENAL MACROMEDIA / ADOBE FLASH

1.Macromedia Flash.
Macromedia merupakan salah satu perusahaan besar di dunia yang menghasilkan aplikasi-aplikasi hebat untuk dunia multimedia. Salah satunya yang banyak dipakai oleh para Multimedia Designer dan Multimedia Developer untuk merancang suatu interface yang indah dan interaktif adalah Macromedia Flash, yang merupakan suatu software yang sekarang menjadi salah satu standar untuk industri multimedia dan telah memperoleh jumlah pengguna yang cukup besar. Keunikan dan kelebihan Macromedia Flash ini adalah mampu membuat animasi vektor dan interaktivitas yang sangat menarik bagi user.
2.Sejarah Singkat Macromedia Flash
Dari sejarahnya yang panjang hingga versi saat ini, yakni versi CS3 atau yang lebih dikenal dengan Adobe Flash CS3. Peminat Flash semakin banyak, hal ini terbukti dengan munculnya berbagai komunitas Flash di Internet yang bertujuan untuk membahas dan berbagi pengetahuan tentang aplikasi Flash.
Macromedia berhasil menciptakan sebuah alat Bantu yang berguna bagi para pembuat web. Dimulai pada tahun 1996, beberapa program pembantu mulai tersedia dalam membantu untuk pembuatan gambar animasi dalam bentuk GIF yang digunakan oleh para pembuat Web. Saat ini pembuatan situs Web biasa menggunakan program aplikasi Macromedia Flash. Flash mampu membuat sebuah penyajian hasil produksi kepada para konsumen yang disertakan kedalam sebuah CD-ROM.
Ketika Macromedia Flash memberikan kemajuan dan selalu tumbuh dengan pengaktualisasian softwarenya, maka didapatlah versi terakhir yang lebih revolusioner, Macromedia Flash 8.
Macromedia Flash 8 kini mampu berkomunikasi dengan script-script server dalam program, menggunakan standar variable URL atau struktur XML. Suara yang dihasilkan dapat diekspor menjadi MP3 dengan kualitas yang tinggi Walaupun sangat interakitif namun hasil yang didapatkan tetap sebuah file yang ukurannya sangat kecil, cocok untuk file-file Web.
Pada sub bab ini penulis akan menjelaskan lingkungan Macromedia Flash yaitu mengenal perlengkapan pemograman dalam Macromedia Flash


Gambar 1.1 Macromedia Flash 8 Profesional

Keterangan :
A : TimeLine
B : Tools Panel
C : Stage
D : Action Frame
E : Library
F : Properties


Di bawah ini merupakan keterangan dari kegunaan masing-masing komponen Macromedia Flash 8 Profesional secara detail :

1.1Timeline
Untuk melihat ada atau tidaknya objek dalam bentuk frame. Dalam Timeline dapat juga membuat objek menjadi beberapa lapisan, yang disebut dengan Layer.


Gambar 1.2 Timeline


Dalam timeline ada tiga cara memasukkan frame (Insert Frame) selanjutnya, yaitu :
a.Frame :Menambahkan frame dengan isi yang sama dalam satu ruang lingkup frame sebelumnya.
b.Keyframe:Menambahkan frame dengan isi yang sama dalam ruang lingkup yang berbeda dari sebelumnnya.
c.Blank Keyframe:Menambahkan frame dengan isi yang sama dalam ruang lingkup yang berbeda dari sebelumnnya.
Frame adalah suatu bagian kecil dari animasi yang menampung gambar objek atau image yang dibuat yang dapat diedit tiap gambarnya. Sedangkan frame rate per second atau lebih dikenal dengan fps adalah kecepatan frame film atau animasi perdetiknya. Fps menentukan kecepatan sebuah film atau animasi bergerak, bila nilai fps-nya kecil maka animasi akan terlihat seperti bergerak pelan atau tersendat-sendat, dan sebaliknya jika bila nilai fsp-nya terlalu besar, maka detail animasi akan terlihat kabur. Kecepatan frame sebesar 12 fps biasanya memberikan hasil terbaik dalam web, quick time dan file film avi umumnya memiliki kecepatan frame sebesar 12 fps, sedangkan standar kecepatanfilm sebesar 14 fps.

1.2Tools Panel
Berisi perangkat yang dapat digunakan dalam stage untuk menggambar, mewarnai, menggaris, dan sebagainya. Berikut ini adalah perangkat dan kegunaanya :

A. SELECTION TOOL
A.1. Marquee ToolSaat kita klik Marquee Tool kita bisa melihat ada 4 jenis marquee tool1. Rectangular Marquee (Shortcut keyboard: M, atau Shift + M)Digunakan untuk membuat area selection berbentuk segi empat pada image.2. Elliptical Marquee (Shortcut keyboard: M, atau Shift + M)Digunakan untuk membuat area selection berbentuk elips atau lingkaran pada image.3. Single Row MarqueeDigunakan untuk membuat area selection satu baris pada image (ukuran tinggi selection adalah 1 pixel)4. Single Column MarqueeDigunakan untuk membuat area selection satu kolom pada image (ukuran lebar selection adalah 1 pixel).
A.2. Move ToolShortcut keyboard: VDigunakan untuk menggeser/memindah selection, layers, dan guides.
A.3. Lasoo Tool(Shortcut keyboard: L, atau Shift + L untuk mengubah jenis Lasoo) Terdiri dari 3 jenis yaitu:1. LasooDigunakan untuk membuat area selection dengan bentuk bebas2. Polygonal LasooDigunakan untuk membuat area selection berbentuk polygon3. Magnetic LasooDigunakan untuk membuat area selection dengan cara menempelkantepi selection pada area tertentu pada image.
A.4. Magic Wand ToolShortcut keyboard: WDigunakan untuk membuat area selection yang memiliki warna serupa.Perbedaan toleransi warna dapat diatur pada tool option bar.
B. CROP & SLICE TOOL
B.1. Crop ToolShortcut keyboard: CDigunakan untuk memangkas image (memotong dan membuang area tertentu dari image)B.2. Slice Tool(Shortcut keyboard: K, atau Shift + K untuk mengubah slice)Terdiri dari 2 jenis yaitu:1. Slice ToolDigunakan untuk membuat potongan-potongan dari suatu image2. Slice Select ToolDigunakan untuk memilih potongan pada suatu image
C. RETOUCHING TOOL
C.1. Patch/Healing Brush Tool(Shortcut keyboard: J, atau Shift + J mengubah tool)1. Patch ToolDigunakan untuk mengecat/melukis pada area tertentu image dengan pola (pattern) atau sample tertentu. Cocok untuk memberbaiki image yang rusak.2. Healing Brush ToolDigunakan untuk mengecat/melukis image dengan pola atau sample tertentu. Cocok untuk memperbaiki image yang agak rusak.
C.2. Stamp Tool(Shortcut keyboard: S, atau Shift + S untuk mengubah tool) terdiri dari 2 jenis yaitu:1. Clone Stamp ToolDigunakan untuk melukis image dengan sample image tertentu2. Pattern Stamp ToolDigunakan untuk melukis image dengan menggunakan pola tertentu
C.3. Eraser Tool(Shortcut keyboard: E, atau Shift + E untuk mengubah jenis eraser)Terdiri dari 3 jenis yaitu:1. EraserDigunakan untuk menghapus pixel image dan mengembalikannya ke state tertentu.2. Background EraserDigunakan untuk menghapus area tertentu image menjadi transparan.3. Magic EraserDigunakan untuk menghapus area tertentu image yang memiliki warna yang serupa menjadi transparan dengan satu kali klik.
C.4. Sharpen, Blur, Smudge Tool(Shortcut keyboard: R, atau Shift + R)1. Sharpen ToolDigunakan untuk menajamkan area tertentu pada image.2. Blur ToolDigunakan untuk menghaluskan/mengaburkan area tertentu pada image.3. Smudge ToolDigunakan untuk menggosok/mencoreng area tertentu pada image
C.5. Dodge, Burn, Sponge Tool(Shortcut keyboard: O, atau Shift + O)1. Dodge ToolDigunakan untuk menerangkan warna di area tertentu pada image2. Burn ToolDigunakan untuk menggelapkan warna di area tertentu pada image3. Sponge ToolDigunakan untuk mengubah saturation di area tertentu pada image.
D. PAINTING TOOL
D.1. Brush Tool(Shortcut keyboard: B, atau Shift + B untuk mengubah tool) Terdiri dari 2 jenis yaitu:1. Brush ToolDigunakan untuk melukis image dengan goresan kuas2. Pencil ToolDigunakan untuk melukis image dengan goresan pencil
D.2. History Brush Tool(Shortcut keyboard: Y, atau Shift + Y untuk mengubah jenis)Terdiri dari 2 jenis yaitu:1. History Brush ToolDigunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari Image2. Art History ToolDigunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau statehistory dari image, dengan model artistik tertentu.
D.3. Gradient, Paint Bucket Tool(Shortcut keyboard: G, atau Shift + G)1. Gradient ToolDigunakan untuk mengecat area yang dipilih (selected area) denganperpaduan banyak warna.2. Paint Bucket ToolDigunakan untuk mengecat area yang dipilih dengan warna foregroundatau pola tertentu.
E. DRAWING AND TYPE TOOL
E.1. Selection Tool(Shortcut keyboard: A, atau Shift + A untuk mengubah jenis) Terdiri dari 2 jenis yaitu:1. Path Selection ToolDigunakan untuk melakukan selection path2. Direct Selection ToolDigunakan untuk mengubah anchor dan direction point dari path.E.2. Type Tool(Shortcut keyboard: T, atau Shift + T untuk mengubah jenis) Terdiri dari 4 jenis yaitu:1. Horizontal Type ToolDigunakan untuk membuat tulisan secara horizontal2. Vertical Type ToolDigunakan untuk membuat tulisan secara vertikal3. Horizontal Type Mask ToolDigunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara horizontal4. Vertical Type Mask ToolDigunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara vertikal
E.3. Pen Tool1. Pen Tool(Shortcut keyboard: P, atau Shift + P)Digunakan untuk membuat path dengan lengkung-lengkung yang halus2. Freeform Pen Tool(Shortcut keyboard: P, atau Shift + P)Digunakan untuk membuat path berbentuk bebas (sesuka kita )3. Add Anchor Point ToolDigunakan untuk menambah anchor point atau titik editor pada path4. Delete Anchor Point ToolDigunakan untuk menghapus anchor point tertentu pada path
5. Convert Point ToolDigunakan untuk mengubah anchor dan direction point tertentu pada path
E.4. Shape Tool(Shortcut keyboard: U, atau Shift + U untuk mengubah jenis)1. Rectangle ToolDigunakan untuk menggambar bentuk segi empat2. Rounded Rectangle ToolDigunakan untuk menggambar segi empat melengkung3. Ellipse ToolDigunakan untuk menggambar ellipse4. Polygon ToolDigunakan untuk menggambar polygon5. Line ToolDigunakan untuk menggambar garis lurus6. Custom Shape ToolDigunakan untuk menggambar bentuk tertentu dari daftar bentuk yang ada
F. ANNOTATION, MEASURING & NAVIGATION TOOL
F.1. Notes Tool(Shortcut keyboard: N, atau Shift + N untuk mengubah jenis)1. Notes ToolDigunakan untuk membuat catatan pada image seperti copyright.2. Audio AnnotationToolDigunakan untuk membuat suara/audio pada image
F.2. Eyedropper, Measure Tool(Shortcut keyboard: I, atau Shift + I)1. Eyedropper ToolDigunakan untuk mengambil sample warna pada image untuk warnaforeground2. Color Sampler ToolDigunakan untuk mengambil berbagai sample warna pada image3. Measure ToolDigunakan untuk mengukur jarak atau sudut pada image
F.3. Hand ToolShortcut keyboard: HDigunakan untuk menggeser/memindah bidang pandang
image di dalam window view area.
F.4.
Zoom ToolShortcut keyboard: ZDigunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan image.
F.5. Background and foreground colorSupaya default tekan tombol D maka warna foreground dan background menjadi putih dan hitam. Untuk menukar warna background dan foreground tekan tombol X.
F.6. Normal and Quickmask ModeNormal Mode : Semua fungsi seperti brush akan berjalan seperti biasanya. Quickmask Mode : fungsi brush bisa dipakai untuk seleksi cuman jika setelah proses quickmask maka yang diseleksi malah dibagian luar nya.
F.7. Screen ModeUntuk melihat tampilan area kerja windows.

1.3Stage
Merupakan tempat kerja yang dapat diisi layaknya secarik kertas, biasanya stage dapat digunakan dengan menggunakan tool-tool yang ada di dalam Tools Panel.


Gambar 1.3 Stage

1.4Actions Frame
Suatu fasilitas tambahan dari Flash berupa action script atau listing program yang dapat kita gunakan untuk menambah interaktivitas suatu objek tombol ataupun gambar.

Gambar 1.4Action Frame


Sebelum melakukan penerapan pemrograman ActionScript, maka ada beberapa sintaks pemrograman dasar yang perlu diketahui, antara lain :
a.Goto
Merupakan pernyataan percabangan bahasa pemrograman umum. Penerapan sintaks ini sering dilakukan pada frame pada timeline. Sintaks goto pada prakteknya sering dirangkai bersama pernyataan Play atau Stop. Apabila Macromedia Flash 8 menemukan sintaks ini pada frame atau item animasi maka kendali program akan melompat ke nomor frame yang ada pada sintaks.
Bentuk penulisan:
gotoAnd{Stop/Play} (“target”)
Merupakan pernyataan pilihan, bisa dipilih salah satu. Target dapat berupa Number, Label, yaitu nomor frame yang dituju.
Contoh penerapan :
·Target Number Frame
gotoAndStop (17);
artinya program akan melompat ke frame 17 dan akan berhenti.
gotoAndPlay (1);
artinya program akan melompat ke frame 1 dan akan berjalan.
·Target Label Frame
Label yaitu apabila keyframe atau frame telah diberi nama melalui frame Properties, maka target dapat dilakukan pada label dari suatu frame/keyframe.
gotoAndStop (mulai);
artinya program akan melompat ke frame yang bernama mulai dan akan berhenti.
gotoAndPlay (home);
artinya program akan melompat ke frame yang berlabel home dan akan berjalan.
b.Play
Sintaks ini adalah pernyataan umum yang berfungsi untuk menjalankan animasi. Secara otomatis, animasi ini akan dijalankan apabila dalam frame tersebut terdapat sintaks ini
Bentuk penulisan:
play();
c.Stop
Sintaks ini adalah pernyataan umum yang sama dengan sintaks play, namun sintaks ini adalah kebalikannya, dimana animasi ini akan dihentikan secara otomatis apabila dalam frame tersebut terdapat sintaks ini
Bentuk penulisan:
Stop();
d.TellTarget
Sintaks ini sangat berguna untuk menggontrol navigasi. Bila sebuah tombol memiliki sintaks tellTarget maka kita bisa memerintahkan kepada tombol tersebut untuk memulai atau menghentikan sebuah movie dimanapun movie itu berada.
Bentuk penulisan:
tellTarget (target) { statement }
e.Stop All Sound
Sintaks ini dipakai pada animasi yang melibatkan suara. Apabila menemukan sintaks ini maka semua item suara akan dihentikan.
Bentuk penulisan :
stopAllSounds ();
f.Mouse Event
Mouse event adalah salah satu event handler yang dimiliki Flash. Event menandakan suatu kejadian yang terjadi, yang diberlakukan khususnya pada objek tombol (button). Event handler tidak ada artinya jika tidak diikuti perintah lainnya.
Bentuk penulisan :
on(mouseEvent) {Statement;}
Misalnya seperti pada contoh berikut ini :
on (press) { gotoAndPlay (2);}
Event on (press) menerangkan apa yang akan terjadi saat tombol dikenai event tertentu, yaitu press, dimana user sedang menekan tombol kiri mouse. Dalam contoh di atas memerintahkan untuk memainkan movie mulai frame 2.

1.5Library
Merupakan suatu tempat penyimpanan objek yang telah dibuat atau dikonversi ke dalam bentuk simbol. Dalam Library ada 3 jenis simbol, yaitu Movie Clip, Button, dan Graphic.

Gambar 1.5 Library


Setiap kali simbol dibuat, simbol tersebut akan berada di dalam Library Panel. Dalam movie yang cukup besar, jumlah simbol yang digunakan akan sangat banyak. Library berguna untuk mengorganisasikan simbol-simbol dalam susunan yang memudahkan dalam penggunaannya. (Untuk membuka Library, pilih Window ) Library atau Ctrl+L.
a.Pengertian Simbol dan Instance
Flash memiliki kelebihan yaitu dapat memakai objek-objek yang digunakan berulang-ulang (reuseable) sehingga dapat memperkecil ukuran file Flash yang dihasilkan. Penggunaan objek yang sama ini juga akan memudahkan editing pada movie. Objek induk dinamakan Simbol dan kloning dari objek itu disebut Instance.
Simbol dan instance memiliki karakteristik yang unik:
·Dari sebuah simbol dapat dibuat bermacam-macam instance yang berbeda, misalnya dalam hal ukuran, rotasi, atau transparansi.
·Tiap instance memiliki “sifat bawaan” dari simbol sehingga bila simbol diubah, semua instance akan terpengaruh. Misal-nya simbol diubah menjadi biru, maka semua instance berwarna biru.
b.Membuat dan mengedit Simbol
Untuk membuat simbol, pilih pada menu Insert > New Symbol untuk membuat simbol baru. Kemudian tentukan behavior dari simbol. Tiap simbol memiliki perilaku atau behavior tersendiri, yaitu bagaimana simbol tersebut akan berperilaku dalam movie. Ada tiga macam behavior, yaitu :
·Movie Clip:Simbol ini merupakan rangkaian gambar di dalamnya (seperti film). Secara default, objek tersebut akan dimainkan berulang-ulang.
·Button :Simbol ini berfungsi sebagai tombol yang dapat diklik.
·Graphic:Simbol ini berupa gambar.

Gambar 1.6 Tampilan Insert New Symbol


Gambar yang sudah jadi juga dapat diubah menjadi simbol. Pilih gambar di stage kemudian dari menu bar pilih Insert > Convert to Symbol.
Untuk mengedit simbol, klik dua kali pada gambar simbol di Library Panel atau klik dua kali pada gambar instance di stage. Sedangkan untuk membuat instance, seret (drag) gambar simbol dari Library ke stage.
2.5.1.Properties
Merupakan sebuah panel yang dapat digunakan untuk mengatur properti sebuah objek (Teks, Gambar, Animasi) yang ada pada stage.

Gambar 1.7 Properties


var addthis_pub = ''; var addthis_language = 'en';var addthis_options = 'email, favorites, digg, delicious, myspace, google, facebook, reddit, live, more';

Tidak ada komentar:

Posting Komentar